Yuk Simak Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cegukan sering kali terjadi pada bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun. Cegukan tersebut terjadi lantaran reaksi otot diafragmanya, bukan otot pernafasan. Ketika otot diafragma mengencang, maka pita suara akan menutup dan menghasilkan suara khas dari cegukan. Hal ini masih normal terjadi, sehingga bunda tidak perlu khawatir. Bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi yang mulai menggaggu ? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Untuk Menghilangkan Cegukan pada si kecil

1. Pastikan Posisi Tubuh Sudah Benar Saat Menyusuinya

Sebelum menyusui si kecil, pastikan cek terlebih dahulu posisi bunda sudah tepat. Posisi menyusui yang dianjurkan, adalah puting beserta areola masuk ke dalam mulut bayi. Setelah itu, pastikan perut si kecil berhadapan langsung dengan perut bunda. Apabila posisi dianggap pas, barulah untuk mulai menyusui. Dengan posisi tepat, maka ASI bisa diterima perlahan.

Simak Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi, adalah memastikan posisi menyusui sudah tepat. Walaupun terdengar sepele, posisi menyusi ternyata berpengaruh kepada si kecil. Apabila posisi menyusui kurang tepat, maka aliran ASI mungkin saja masuk ke dalam tenggorokan. Ketika aliran ASI masuk dalam jalur pernafasan, tentu saja si kecil akan kesakitan. Agar saluran pernafasan tidak terganggu, maka tubuh secara reflek menghadirkan cegukan sebagai solusinya.

2. Tepuk Lembut Punggung Si Kecil

Cegukan yang tidak kunjung berhenti, membuat si kecil kurang nyaman dengan tubuhnya. Untuk menghilangkan cegukan, bunda bisa menepuk punggungnya dengan lembut. Tepukan ini, dapat digunakan sebagai cara alternatif yang mudah dan aman untuk dilakukan. Cara ini sudah banyak dilakukan sejak jaman dahulu, sehingga banyak orang tua yang menggunakan cara ini sebagai alternatif terbaik.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, gendong si kecil dengan posisi bayi seakan berdiri. Kemudian, letakkan kepalanya pada pundak bunda perlahan dan sedikit timangan agar si kecil merasa nyaman. Pada posisi inilah, mulai tepuk punggungnya dengan lembut hingga ia mulai bersendawa. Lakukan berulang hingga cegukan mulai mereda, dan si kecil pun merasa nyaman beraktifitas kembali.

3. Bawa Si Kecil Ke Tempat Yang Lebih Hangat

Cegukan membuat si kecil kurang nyaman, sehingga tidak jarang ia menjadi rewel. Cara menghilangkan cegukan pada bayi, bunda bisa membawanya pada tempat dengan suhu lebih hangat dan lembab. Apabila memungkinkan, hindari si kecil dari ruangan ber AC terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, suhu dingin bisa menjadi penyebab cegukan pada si kecil. Temperatur yang berubah secara mendadak, membuat tubuh si kecil bereaksi untuk mengeluarkan cegukan.

4. Berikan Pelukan Hangat

Cara sederhana lainnya yang bisa dicoba, adalah dengan memberikan pelukan hangat pada si kecil. Hal ini merupakan cara sederhana, namun cara ini diangap sebagai cara ampuh menghilangkan cegukan secara perlahan. Hal ini bukanlah hal baru, sebab sedari dulu memeluk bayi yang cigukan dipercaya memberikan ketenangan. Ketika tubuh mungilnya merasa nyaman dan aman, otot tidak akan tegang dan cegukan pun perlahan menghilang.

Yuk Simak Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

cara menghilangkan cegukan pada bayi ini, dianggap ampuh menghilangkan cegukan pada bayi tanpa menyakitinya. Cukup peluk lembut, bayi akan merasaakan kenyamanan dan otot akan merasa rileks. Peluk dan timang dalam beberapa menit ke depan. Bunda pun bisa merasakan cegukan perlahan menghilang, yang ditandai dengan tangisan yang mulai memudar dan pernafasan kembali normal.

Cegukan bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada bayi yag baru lahir sekalipun. Hanya saja, cegukan yang berangsur lama membuat di kecil merasa kurang nyaman untuk melakukan aktifitasnya. Dengan tangisanlah, si kecil memebrikan sinyal bahwa dirinya merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Untuk menghilangkan cegukan pada di kecil, dapat dilakuakn dengan berbagai cara sederhana. Salah satunya adalah memberikan pelukan hangat agar dirinya merasa nyaman.