Yuk Simak 5 Produksi Film Terlama Di Dunia

Sarana penghibur di waktu senggang yang cukup bisa melepas penat adalah menonton film. Setiap bulanya selalu ada film baru yang bisa kamu tonton. Kamu harus tahu, untuk pembuatan satu film biasanya akan membutuhkan waktu 1 hingga 2 tahun untuk proses produksinya. Namun, tak jarang pula jika pembuatan film membutuhkan waktu hingga bertahun tahun lamanya. Yuk simak produksi film terlama di dunia berikut.

Proses Pembuatan Film Terlama

1. Boyhood

Film yang disutradarai oleh Richard Linklater ini mengisahkan perkembangan seorang anak laki laki dari umur 6 tahun hingga ia menjadi seorang dewasa. Jalan cerita untuk film ini sangat sederhana, namun mengalami proses produksi hingga 12 tahun lamanya. Dimulai produksi dari tahun 2002 dan berakhir pada tahun 2014, film ini tidak menggunakan peran pengganti untuk aktornya.

Selama pengambilan gambar, Richard tidak mengganti semua tokoh yang ada dalam filmnya. Hal ini agar film tersebut terlihat lebih natural saat sudah tayang di bioskop. Tak heran jika film ini berhasil mendapat 3 piala Golden Golbes di tahun 2015 lalu. Film ini juga sukses meraup keuntungan hingga lebih dari 50 juta dolar di Amerika.

Yuk Simak 5 Produksi Film Terlama Di Dunia avatar

2. Avatar

Film yang rilis tahun 2009 lalu ini menceritakan tentang manusia bumi yang mempelajari Bahasa Nav’i. Agar bisa mempelajari Bahasa Nav’i mereka merubah diri menjadi sosok avatar yang mirip dengan penduduk asli bangsa Nav’i di Planet Pandora. James Cameron sebagai sutradara film, mengaku menunggu teknologi serta effect yang bagus dan baru ada 10 tahun dari perencanaan.

Film Avatar ini sebenarnya sudah direncanakan setelah rilisnya film Titanic pda tahun 1997. Sambil menunggu teknologi yang memadai, James kemudian mengembangkan tokoh cerita, karakter, dan membuat bahasa khusus untuk film tersebut. Meski avatar termasuk dalam film terlama di dunia untuk sience fiction, kerja kerasnya terbayar dengan memenangkan berbagai macam penghargaan dan meraup keuntungan hingga 2 milyar dolar.

3. The Thief and The Cobbler

Disutradai oleh Richard Williams, film ini memakan waktu produksi hingga 3 dekade lamanya. Proyek film ini mulai dikerjakan pada tahun 1964 dan akhirnya rilis pada tahun 1993. Sifat prefeksionis sang sutradara turut andil dalam pembuatan film ini. Molornya pembuatan film ini disebabkan karena kurangnya dana dan jalan cerita yang selalu berubah ubah.

4. Sleeping Beauty

Film yang bercerita tentang putri tidur ini membutuhkan proses produksi 8 tahun lamanya lho. Diambil dari dongeng populer karangan Charlest Perrault, film garapan Disney ini rilis pada tahun 1959. Sebelum proses menggambar animasi, seluruh jalan cerita dimainkan oleh beberapa aktor dalam pertunjukan teater. Hal ini agar para animator memiliki gambaran yang jelas terkait karakter masing masing tokoh. Prsoses pembuatan yang manual inilah yang membuat produksi film ini cukup lama.

Yuk Simak 5 Produksi Film Terlama Di Dunia ini

5. Tiefland

Film yang disutradarai oleh Leni Riefensthal ini adalah film klasik asal Jerman. Penulisan skrip film sudah dimulai sejak 1934 dan akhirnya mulai produksi 1940. Banyak kendala yang dihadapai hingga film ini rampung digarap. Hal ini karena produksi film yang bersamaan dengan adanya perang dunia, sehingga membutuhkan waktu 20 tahun untuk selesai pengerjaan. Sayangnya, setelah film ini rilis pemerintah Prancis telah menyita dokumentasi film ini.

Membuat film pasti membutuhkan waktu yang tidak hanya satu dua hari selesai. Film yang bagus akan membutuhkan waktu produksi yang lama, pembuatan script yang menguras tenaga hingga pemilihan aktor yang seleksinya hingga berhari hari. Ada banyak pilihan film yang bisa kamu jadikan tontonan, dari film anak anak hingga film dewasa. Pastikan kamu memilih film yang sesuai dengan usiamu ya!