Yuk Mengenal Lebih Dalam Perkembangan Bayi 6 Bulan

Di umur yang telah menginjak setengah tahun ini, tentu saja si kecil juga semakin bertumbuh. Pada perkembangan bayi 6 bulan ini, bayi akan mulai untuk mengonsumsi makanan yang padat. Untuk itu, di usia 6 bulan merupakan tahapan yang paling penting pada bayi. Selain tahapn tersebut, kali ini akan diulas beberapa tahapan dan perkembangan yang diperoleh bayi saat memasuki usia 6 bulan. Berikut simak ulasannya.

Perkembangan Pada Bayi Saat Memasuki Usia 6 Bulan Yang Harus Anda Tahu

1. Perkembangan Kognitif Pada Bayi

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, maka ia pun akan mulai mengamati pola pada sebuah lagu yang biasa diputarkan untuknya. Bayi pun menjadi tidak asing tentang sajak anak-anak sekaligus mampu meresponnya. Pada usia ini indra sentuhan pada bayi akan mulai meningkat. Hal ini ditandai dengan senangnya si kecil saat menyentuh tekstur benda yang berbeda-beda, seperti benda yang lembut, benda yang kasar dan benda yang berbulu.

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Pada perkembangan bayi 6 bulan ini, anda bisa menggunakan benda sensorik dengan permukaan yang berbeda agar dapat merangsang kemampuan sensoriknya. Selain itu, indra penglihatan pada bayi pun akan semakin bertambah. Hal ini ditandai dengan bayi yang mulai tertarik pada hal-hal yang mengkilap, berwarna-warni dan bayi mulai suka untuk meraihnya.

2. Perkembangan Fisik Pada Bayi

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi mulai bisa untuk berguling sendiri. Hal ini ditandai denagn bergulingnya bayi dari posisi telentang ke posisi tengkurap dan balik lagi dalam posisi telentang. Untuk itu, anda pun perlu mulai untuk memperhatikan si kecil saat berada pada tempat yang agak tinggi. Karenanya, pada saat mengganti popok anda bisa menggantinya di atas matras yang berada di lantai. Hal ini tentunya untuk mencegah bayi untuk menggelinding jatuh.

Untuk itu pada perkembangan bayi 6 bulan ini, fisik bayi pun juga lebih berkembang. Hal ini dibuktikan dengan posisi bayi yang cepat untuk berguling dan terkadang gagal untuk kembali lagi ke posisi telentang. Dengan melatih si kecil untuk tengkurap, hal ini kan membuat lengan dan kaki bayi menjadi lebih kuat. Saat si kecil sedang tengkurap dan berguling maka anda bisa menunjukkan ekspresi gembira agar bayi bisa melihatnya.

Mengenal Lebih Dalam Perkembangan Bayi 6 Bulan

3. Mulai Memakai Pakaian Yang Nyaman Dan Perubahan Warna Tinja

Ketika si kecil semakin aktif bergerak, maka tentunya bayi pun akan memerlukan pakaian yang nyaman untuk menunjangnya beraktifitas. Olehsebab itu, anda bisa memberikannya pakaian yang longgar dan melar sehingga sirkulasi udara yang baik dapat masuk untuk si kecil dan bisa memberikan kenyamanan. Anda bisa menghindarkan si kecil dari bahan pakaian yang kasar.

Selain itu, pada perkembangan bayi 6 bulan maka si kecil akan mulai dapat untuk mengonsumsi makanan yang padat. Oleh sebab itu, bau dan warna tinja pada bayi pun akan mengalami perubahan. Untuk itu anda punjuga perlu memperhatikan bentuk tinjanya, jika tinja terlalu kerasa maka bisa jadi bayi anda mengalami konstipasi. Anda bisa mengganti MPASI si bayi dengan buah-buahan dan sayuran agar makanan si bayi memiliki serat untuk memperlancar pencernaannya.

Memasuki usia 6 bulan, tentunya menjadi momentum bagi orang tua untuk menyaksikan tumbuh kembang bayi yang semakin meningkat. Mulai dari aktif bergerak, mulai mengonsumsi makanan pengganti ASI tentunya menjadi momen bahagia bagi kedua orang tua. Si kecil tentunya akan semakin pintar dan berguling-guling seiring dengan semakin kuatnya otot-otot leher dan lengan si bayi.