Yuk Ketahui Apa Saja Syarat Naik Pesawat Saat Hamil

Pernahkah anda mendengar atau melihat ibu hamil tengah melahirkan dalam pesawat yang lepas landas ? Sudah banyak peristiwa seperti ini terjadi di dunia penerbangan. Akibat dari kejadian tersebut, beberapa pesawat harus melakukan pendaratan darurat. Belajar dari peristiwa sebelumnya, berbagai maskapai penerbangan membuat kebijakan mengenai naik pesawat saat hamil. Apa saja persyaratan tersebut ? Simak ulasannya disini

Kebijakan Bagi Ibu Hamil yang Ingin Melakukan Penerbangan

1. Cek Kebijakan Mengenai Ibu Hamil Di Berbagai Maskapai Penerbangan

Sebelum memutusan untuk membeli tiket, bunda perlu mengetahui apa saja ketentuan dan kebijakan yang diterapkan di setiap maskapai. Sebab, setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan dan syarat tersendiri mengenai kasus seperti ini. Kebijakan yang dibuat, tidak untuk menghalangi bunda melakukan perjalanan menggunakan maskapai penerbangan. Hanya saja, demi kenyamanan penumpang lain sekaligus mengkhawatirakan anda dan si jabang bayi.

Ketahui Apa Saja Syarat Naik Pesawat Saat Hamil

Agar perjalanan tetap berlangsung, silahkan bertanya mengenai kebijakan yang berlaku bagi ibu hamil. Anda juga perlu menanyakan apa saja dokumen medis yang dibutuhkan menjelang jadwal keberangkatan. Semua persayaratan naik pesawat saat hamil, hendaknya dipenuhi. Akan semakin menguntungkan, jika bunda memiiki asuransi kesehatan. Hal ini sebagi bentuk waspada apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan berlangsung.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi Setiap Harinya

Di calon bayi, tentu saja membutuhkan asupan gizi yang lengkap untuk tumbuh kembangnya. Agar asupan gizi terpenuhi, bunda bisa menyediakan camilan dari buah segar selama perjalanan berlangsung. Buah yang biasanya dikonsumsi ketika perjalanan jauh adlaah anggur, jeruk, plum, dan masih banyak lagi. Selain terasa nikmat, buah tersebut baik bagi kesehatan sekaligus mengenyangkan.

Namun perlu diperhatikan bahwa, bunda perlu menghindari makanan pedas maupun makanan yang mengandung gas. Mungkin saja hla ini tidak tertulis dalam kebijakan naik pesawat saat hamil, namun pantangan tersebut tetap harus dihindari. Sebab, bisa saja makanan tersebut membuat perut terasa kurang nyaman dan memicu diare. Untuk langkah pencegahan, bunda bisa menyiapkan air putih untuk melengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Jangan Lupa Konsultasikan Ke Dokter Kandungan

Melakukan perjalanan menggunakan pesawat, akan terasa berbeda ketika hamil. Sebab, banyak hal yang harus diersiapkan, agar janin dalam kandungan tetap sehat. Oleh karena itu, bunda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kandungan. Bahkansejak jauh hari, bunda perlu melakukan pemeriksaan sebelum bepergian menggunakan pesawat. Ketika melakukan pemeriksaan, tanyakan kepada dokter mengenai yang ingin diketahui.

Yuk Ketahui Apa Saja Syarat Naik Pesawat Saat Hamil

Hal dasar yang bisa ditanyakan, bisa mengenai resiko selama penerbangan ataupun adanya kemungkinan buruk yag mungkin saja terjadi. Jangan lupa untuk mencatat nomer telephon medis terdekat, sebagai langkah antisipasi apaabila terjadi kejadian yang tidak dibutuhkan. Daya tahan tubuh ibu hamil, biasanya akan menurun. Oleh karena itu, bunda bisa melakukan vaksinasi agar terhindar tertular penyakit.

Tidak jarang pula, bunda mengalami bengkak pada kaki akibat beban tumpuan yang semakin besar. Naik pesawat saat hamil dengan jarak tempuh jauh, memungkinkan bunda mengalami bengkak pada kaki di tengah jalan. Bunda bisa menggunakan alas kaki empuk agar tersasa nyaman, dan lakukan pergerakan ringan dalam pesawat. Dengan gerakan kecil, aliran darah akan tetap lancar selama perjalanan.

Melakukan perjalanan menggunakan pesawat semasa hamil, memang bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Namun bunda perlu menyiapkan berbagai persiapan matang, agar janin tetap sehat. Lakukan pemeriksaan secara rutin, utnuk mendapatkan solusi terbaik. selain itu, bunda perlu mengetahui kebijakan apa saja untuk setiap maskapai.