Yuk Intip Persiapan Sebelum Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga yang biasanya tumbuh ketika berumur 18 hingga 20 tahun. Sebagian besar, pertumbuhan gigi ini menyebabkan rasa nggilu dan nyeri. Tumbuhnya gigi bungsu ke arah yang tidak semestinya, menyebabkan perlunya melakukan operasi. Hal ini karena dapat menyebabkan luka pada mulut maupun gigi geraham yang ada di depannya. Sebelum melakukan operasi gigi bungsu, anda harus menyiapkan beberapa hal berikut.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Gigi Bungsu Dioperasi

1. Meminta Saran Dokter

Ketika gigi bungsu tumbuh dan mulai terasa nyeri, sebaiknya anda tidak langsung mengambil tindakan untuk melakukan operasi. Hal ini karena bisa jadi malah berbahaya. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi, dan meminta saran terbaik yang bisa diambil. Ketika terjadi peradangan, dokter tidak akan menyarankan untuk melakukan operasi. Mereka akan meminta anda untuk melakukan foto rontgen terlebih dahulu.

Yuk Intip Persiapan Sebelum Melakukan Operasi Gigi Bungsu

2. Memperhitungkan Biaya Operasi

Sebelum melakukan operasi, sebaiknya anda memperhitungkan biaya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Kasus gigi bungsu tentunya berbeda dengan gigi biasa pada umumnya. Biaya yang dibutuhkan biasanya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta. Setiap klinik atau rumah sakit biasanya mematok dengan harga yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya anda lakukan survei terlebih dahulu sebelum melakukan operasi.

Selain biaya operasi, anda juga membutuhkan biaya foto rontgen. Tindakan foto rongent ini berfungsi untuk memudahkan proses operasi. Berdasarkan gambar yang diambil, akan terlihat jelas gigi yang terlihat miring dan mendorong gigi lain yang sebelumnya sudah tumbuh, sehingga dokter bisa melakukan tindakan yang lebih tepat. Biaya untuk melakukan foto rontgen berkisar antara Rp100 hingga Rp 500 ribu rupiah.

3. Membuat Janji untuk Melakukan Operasi

Jika berdasarkan pemeriksaan dan foto rongen anda harus melakukan operasi gigi bungsu, anda harus segera membuat janji dengan dokter. Pilihlah hari yang tepat, dimana pada saat tersebut dokter anda sedang tidak ada jadwal yang padat. Selain itu, akan lebih tepat lagi jika anda melakukan operasi mendekati hari libur agar proses pemulihan bisa berlangsung cepat. Pilihan ini juga disebabkan karena pipi yang tampak membesar dan bengkak setelah operasi.

4. Makan yang Kenyang Sebelum Operasi

Meskipun kelihatannya sepele, namun hal ini sangat penting dilakukan sebelum operasi. Tindakan operasi bisa menyebabkan tekanan darah menjadi turun aibat obat bius, sehingga anda harus memastikan bahwa sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, setelah melakukan operasi, gusi anda dipenuhi banyak darah dan membutuhkan proses pemulihan. Mulut terasa sakit saat dibuka sehingga anda akan merasa kesulitan saat makan.

Yuk Intip Persiapan Sebelum Melakukan Operasi Gigi Bungsu itu

5. Melakukan Operasi pada Gigi Bungsu

Sebelum anda menjalan operasi, maka anda akan dibius lokal agar tidak merasakan sakit. Waktu operasi ini biasanya berlangsung sekitar setengah jam hingga satu jam. Dokter biasanya akan menyayat pada gusi untuk memudahkan pencabutan. Proses operasi dilakukan dengan memotong gigi geraham menjadi beberapa bagian sebelum dicabut. Gigi yang sudah tercabut, akan membuat gusi penuh darah sehingga perlu dibersihkan.

Gigi bisa saja mengalami impaksi apabila tidak ada ruang yang cukup bagi gigi untuk tumbuh. Hal in jika dibiarkan tentunya akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Selain itu, gigi yang tumbuh miring tersebut bisa menyebabkan infeksi pada gusi karena sulit dibersihkan. Kondisi yng semakin parah bisa menyebabkan gusi membengkak dan akhirnya mengalami peradangan. Tidak hanya itu, gigi geraham bagian depan akan lebih mudah berlubang.