Yuk Intip Perkembangan Bayi 4 Bulan

Ketika menginjak usia 4 bulan, terkadang si kecil telah mulai mampu untuk mengucapkan sedikit kosakata. Mulai dari ma-ma atau da-da, melalui kosakata kecil tersebut tentunya akan membuat para orang tua menjadi gembira karena sang buah hati telah menunjukkan perkembangan. Selain itu, ada lagi perkembangan bayi 4 bulan yang menarik untuk anda ketahui. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana Perkembangan Bayi Saat Usia 4 Bulan ?

1. Bayi Mulai Bereksplorasi

Pada saat memasuki usia ini, anda bisa mendorong si kecil untuk mulai bereksplorasi melalui berbagai macam benda di sekitarnya. Hal ini bisa anda tunjukkan dengan membiarkannya bermain dengan handuk yang bersih. Disini, anda bisa melihat bagaimana gerakan dari si kecil tersebut. Biasanya bayi akan mulai memasukkan benda tersebut ke mulut, memegangnya dan meremasnya.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Tak hanya itu saja, anda pun dapat memberikan mainan kepada si kecil dan lihat bagaimana perkembangan bayi 4 bulan dengan mainan yang menghasilkan suara saat ia mulai menggoyangkan mainan tersebut. Pada usia ini, bayi pun juga mulai senang bermain dengan tangan dan kakinya. Bayi mulai senang untuk melakukan satu hal berulang kali sampai ia bosan dan menemukan hasilnya. Sehingga, biasanya anda akan mendapati si kecil asyik bermain di tempat tidurnya.

2. Bayi Mulai Membentuk Kata-Kata

Pada saat bayi menginjak usia 4 hingga 6 bulan, maka si kecil akan mulai memiliki kemampuan untuk membangun dan membentuk kata-kata yang sangat sederhana. Kata-kata tersebut biasanya seperti ma-ma atau da-da. Sehingga disini, anda bisa mendorong kemampuan berbicara bayi anda dengan menirukan ekspresi dari wajah ataupun suara si kecil, sehingga nantinya akan membuat bayi anda menirukan kembali gerakan tersebut.

Melalui tahap ini, bayi akan merasa bahwa mereka seolah-olah diajak berbicara. Sehingga cara tersebut sangat efisien untuk mendorong si kecil untuk lebih mengasah kemampuannya dalam berbicara dan mengolah kata-kata. Perkembangan bayi 4 bulan ini tentu saja akan memiliki dampak yang sangat besar bagi bayi karena akan melatih kemampuannya untuk berbicara sedikit demi sedikit.

Intip Perkembangan Bayi 4 Bulan

3. Meminimalisir Gangguan Saat Menyusui

Memasuki usia 4 hingga 6 bulan, maka nutrisi si kecil akan mulai tercukupi dengan ASI atau PASI. Para ilmuwan menemukan jika menunda MPASI pada usia 6 bulan dapat menurunkan resiko alergi pada bayi. Oleh sebab itu, anda bisa memberikan makanan pengganti ASI ketika bayi telah menginjak usia 6 bulan ke atas. Pada usia 4 bulan, pada umumnya bayi telah memiliki berat 2 kali lebih besar daripada ketika saat lahir.

Pada usia ini pun, kandungan ASI pada bayi juga telah mengalami perubahan. Karena perkembangan bayi 4 bulan sudah mengalami kemajuan yang terbilang pesat, maka kandungan Asi pun juga mengandung lebih banyak lemak dan mineral yang dibutuhkan oleh si kecil. Namun, saat usia ini bayi mulai gampang terganggu saat sedang menyusui, itulah sebabnya andaperlu menyusui bayi anda di kamar yang sepi dan redup agar perhatian bayi tidak terganggu saat menyusui.

Saat bayi menginjak usia 4 bulan ini tentu saja akan banyak hal yang akan mempengaruhi perkembangannya. Untuk itu, bagi anda seorang ibu, haruslah mulai memperhatikan gizi dan kesehatan bayi anda. Hal ini bertujuan agar bayi anda nantinya menjadi sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Tentunya ibu juga harus memberikan stimulasi yang tepat pada si kecil agar perkembangannya optimal. Hal ini tentunya juga akan membuat ibu merasa lebih bahagia jika bayinya sehat.