Yuk Intip Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Memasuki musim pancaroba, membuat tubuh mudah terserang penyakit. Terutama ketika tanda musim hujan telah tiba, membuat udara sekitar menjadi lebih dingin dari biasanya. Tatkala Perubahan cuaca yang tidak menentu, menjadikan flu mudah menyerang tubuh si kecil. Hal ini dikarenakan sistem imunnya, belum terbentuk dengan sempurna seperti orang dewasa. Sebagai langkah pencegahan, simak cara mengatasi pilek pada bayi berikut.

Cara Mudah Mengatasi Pilek Pada Si Kecil

1. Gunakan Alat Khusus Untuk Menyedot Ingus

Bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan, masih belum mengerti cara mengeluarkan ingusnya sendiri. Oleh karena itu, si kecil memerlukan bantuan anda untuk mengeluarkan ingusnya. Agar ingus dapat keluar, gunakan alat penyedot ingus atau yang biasa disebut bulb syringe. Semprotkan cairan saline terlebih dahulu, sebelum mengeluarkan ingus menggunakan alat tersebut. Cara ini dianggap mampu memudahkan si kecil bernafas normal kembali.

Intip Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

2. Gunakan Alat Untuk Melembabkan Udara

Udara yang kurang bersahabat,membuat tubuh rentan terkena penyakit. Flu menjadi salah satu penyakit, yang siap menyerang tubuh dengan imun yang rendah seperti pada si kecil kapanpun. Sebagai langkah antisipasi, bunda bisa menggunakan alat khusus untuk melembabkan udara sebagai. Langkah ini, dapat digunakan sebagai cara mengatasi pilek pada bayi yang cukup ampuh. Ketika suhu terasa hangat, lendir yang bersarang akan keluar dengan perlahan.

3. Perbanyak Waktu Istirahat

Cara ampuh untuk mengatasi pilek pada bayi, yaitu membiarkannya memiliki waktu istirahat lebih banyak dari sebelumnya. Dengan memiliki waktu tidur cukup, membantu imun untuk menyerang segala macam penyakit yang ingin menyerangnya. Pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang dibutuhkannya, agar lekas sempuh dan ceria kembali. Agar sistem imun lebih kuat, berikan makanan sehat nan bergizi yang dibutuhkan si kecil.

4. Perbanyak Meminum Air

Tubuh yang kekurangan cairan, membuat tubuh mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang mungkin menyerang adalah pilek. Terutama pada bayi yang baru lahir, pilek selalu menjadi momok yang harus dihadapi. Cara mengatasi pilek pada bayi, adalahdengan memberikan air putih hangat yang dicampurkan dengan madu. Cairan hangat membuat tubuh menjadi berkeringat, sehingga ingus dapat keluar dengan sendirinya.

5. Mengubah Posisi Tidur

Cara pencegahan lain yang bisa ditempuh, adalah mengubah posisi tidur pada si kecil. Posisi tiduryang kurang tepat,membuat sistem pernafasannya terganggu. Terutama ketika si kecil tengah mengalami pilek, ingus semakin menghambat jalurnya udara. Untuk mengurangi penderitaannya, ubah posisi kepala si kecil lebih tinggi daripada badannya. Dengan posisi tersebut, membuat ingus tidak menggumpal sekaligus memudahkannya untuk bernafas lebih lega.

Yuk Intip Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

6. Gunakan Obat Semprot Hidung

Cara mengatasi pilek pada bayi adalah memberikan semprotan khusus bernama saline. Obat satu ini, memiliki fungsi untuk mengurangi tingkat produksi dalam tubuh. Sehingga, tidak ada lendir yang akan menghambat keluar masuknya udara dalam saluran pernafasan. Untuk memberikannya, baringkan si kecil terlebih dahulu. Kemudian semprotkan saline sebanyak 2 hingga 3 kali. Dengan begitu, lendir akan keluar dengan sendirinya ketika si kecil bersin maupun batuk.

Perubahan cuaca, seringkali menghadirkan berbagai penyakit yang siap menyerang sistem imun dalam tubuh, tidak terkecuali pada bayi yang baru lahir. Melihat si kecil yang kesusahan bernafas, membuat para orang tua menjadi khawatir. Agar si kecil kembali ceria, para orang tua akan menggunakan berbagai cara untuk mengobati penyakit tersebut. Mulai dari langkah pencegahan hingga pengobatan alami akan dicoba, agar buah hati bisa menghirup udara dengan normal kembali.