Yuk Intip Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Salah satu ciri dari biang keringat adalah munculnya bintik-bintik merah yang menyebabkan bayi terasa gatal pada kulit bayi. Meskipun biasa terjadi pada bayi, akan tetapi biang keringat pada bayi dapat menjadi tanda-tanda adanya resiko kondisi yang berbahaya. Hal tersebut teerjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Untuk itu, kali ini akan dibahas tentang cara mengatasinya. Simak ulasannya berikut ini.

Bahayakah Biang Keringat ?

Jika bayi anda mengalami gelaja biang keringat, maka hal ini bukanlah suatu kondisi yang serius. Hal ini dikarenakan biang keringat yang diderita oleh bayi dapat berhenti dan mereda dalam beberapa hari. Untuk itu, anda perlu memperhatikan apa saja yang menjadi penyebab biang keringat, biasanya kondisi ini muncul saat bayi anda kepanasan. Ketika sedang kepanasan, maka dapat berpotensi untuk menyebabkan kondisi yang serius, seperti kematian mendadak pada bayi.

Biang Keringat Pada Bayi

Kematian tersebut bisa terjadi akibat kepanasan saat tidur. Biang keringat pada bayi ini, bisa menjadi sangat berbahaya bagi tubuh. Akibat dari kepanasan tersebut membuat tubuh bayi tidak dapat lagi untuk mengatur dan menurunkan suhunya sendiri. Hal ini akan menyebabkan bayi dapat mengalami serangan panas atau heat stroke yang merupakan kondisi serius dan darurat.

Cara Untuk Mengatasi Biang Keringat yang Perlu Anda Tahu

Untuk pertolongan yang pertama, biasanya adalah dengan cara mengusir panas. Biang keringat ini biasanya terjadi pada saat hawa udara di sekitar bayi terasa panas dan lembab. Jika bayi anda menunjukkan tanda-tanda kepanasan atau mulai muncul biang keringat maka agar tidak bertambah parah anda bisa menempatkan bayi pada ruangan yang sejuk. Jika anda sedang berada di luar ruangan, maka carilah tempah yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari.

Langkah selanjutnya untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah menempatkan bayi di runag yang memiliki jendela terbuka. Atau anda bisa juga mengakalinya dengan menenmpatkan bayi pada runagan yang memiliki kipas angin ataupun pendingin udara. Setelah itu, anda bisa melonggarkan pakaiannya agar udara bisa masuk ke dalam tubuh bayi. Jika anda membuka pakaian bayi secara keseluruhan, maka anda bisa menempatkan bayi di atas handuk yang menyerap keringat.

Hal ini tentunya akan membuat bayi akan menjadi lebih leluasa untuk bergerak dan tubuh bayi tidak gerah. Kemudian anda bisa mengelap tubuh bayi anda dengan kain katun yang basah dan sejuk. Hal ini bertujuan agar kulit bayi tidak terasa panas dan dapat mencegah timbulnya biang keringat menghampiri si kecil. Setelah itu, anda tak perlu untuk mengeringkan tubuhnya dengan handuk. Anda bisa membiarkan udara di sekitarnya untuk mengeringkan tubuh bayi secara alami.

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Selanjutnya, anda bisa mengoleskan lotion dengan merek calamine pada kulit bayi yang berfungsiuntuk menyejukkan dan mencegah biang keringat pada bayi datang kembali. Pada sat mengoleskannya, anda juga perlu berhati-hati agar tidak mengenai mata bayi dan menimbulkan iritasi. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter mengenai masalah biang keringat ini, biasanya nanti dokter akan meresepkan krim hidrokortison yang berfungsi untuk mengurangi ruam.

Biang keringat yang terjadi pada bayi dapat dicegah melalui tindakan tertentu. Diantaranya adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar dan ringan pada bayi agar berfungsi untuk menyerap keringat pada bayi. Anda juga perlu menghindari penggunaan popok yang memiliki bahan plastik pada pinggirannya. Hal ini tentunya juga dapat mencegah bayi agar tidak terkena biang keringat. Anda juga bisa menggunakan sabun bayi tanpa pengharum agar kulit tidak kering.