Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Bayi

Bagi anda yang memiliki buah hati, tentu saja akan sangat menjaganya agar tidak terserang berbagai penyakit. Akan tetapi terkadang kita tidak mengetahui bahaya apa yang menyerang si kecil. Apabila anda telah tahu adanya riwayat alergi makanan pada anggota keluarga, maka tak menutup kemungkinan hal itu juga akan menyerang bayi anda. Untuk itu, kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi alergi makanan pada bayi. Simak ulasannya berikut ini.

Kenali Terlebih Dahulu Makanan Pemicu Alergi

Penelitian di Eropa pernah menyebutkan bahwa makanan yang dinilai berpotensi menyebabkan alergi tidak perlu secara khusus dimasukkan terhadap diet alergi untuk bayi. Hal tersebut dapat anda akali dengan memperkenalkan makanan yang dicurigai mengandung alergi kepada bayi. Akan tetapi, caranya adalah dengan memberi satu persatu dan ditempatkannya dalam wadah yang terpisah.

Alergi Makanan Pada Bayi

Hal tersebut tentunya bertujuan untuk anda mengetahui dan memonitor alergi makanan pada bayi anda. Dengan cara ini akan menunjukkan bagaimana tubuh si kecil merespon dan bereaksi terhadap setiap asupan makannya. Ada beberapa jenis makanan yang dinilai menyebabkan alergi, diantaranya adalah kacang tanah, susu, telur, kedelai, ikan dan juga kerang. Pada umumnya, kacang-kacangan dan makanan laut merupakan pemicu reaksi alergi berat.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Alergi Akibat Makanan Pada Bayi ?

Untuk mengetahuinya, hal yang pertama anda lakukan adalah dengan mengenalkan makanan yang baru kepada si kecil secara bertahap. Hal ini bisa anda lakukan dengan memberikan satu jenis makanan dan tunggu hingga tiga sampai lima hari sebelum menambahkan makanan yang lainnya. Jadi, anda jangan memberikan dua hingga tiga makanan yang berbeda pada hari yang sama, karena hal itu akan menyulitkan anda untuk mengetahui makanan penyebab alergi.

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi ?

Hal yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi alergi makanan pada bayi adalah dengan melihat riwayat orang tua ataupun keluarga dan riwayat penyakit yang sering berulang. Hal ini merupakan cara yang termudah untuk mengawali dan mengetahui makanan penyebab alergi pada bayi tersebut. Menurut teoritis alergi biasanya tidak dapat dihilangkan, akan tetapi hal tersebut bisa dicegah dengan cara mengurangi frekuensi dari kambuhnya alergi terhadap makanan tersebut.

Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Bayi

Cara terbaik selanjutnya adalah dengan mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, maka anda dapat menghindarkan bayi dari paparan zat yang menjadi pemicu alergi sehingga nantinya alergi tidak akan muncul kembali. Jika makanan yang menjadi penyebabnya, maka anda bisa menundanya dengan memberi makanan yang berpotensi menyebabkan alergi kepada bayi.

Anda juga bisa untuk berkonsultasi ke dokter mengenai makanan apa yang dapat disajikan dan diberikan untuk si kecil, apabila anda ragu untuk memberikan makanan yang menyebabkan alergi. Tentunya dengan berkonsultasi dengan dokter akan membuat anda lebih tidak khawatir. Alergi makanan pada bayi tentunya bisa dihindari, untuk itu bagi anda para orang tua sebaiknya memperhatikan makanan jenis apa saja yang dapat menyebabkan dan berpotensi untuk terjadi timbulnya alergi pada bayi.

Timbulnya alegi tersebut dapat ditandai dengan bengkak pada wajah, bibir dan juga lidah ataupun mutah-muntah dan diare. Alergi juga bisa ditandai dengan gatal-gatal atau pada kulit terdapat bilur-bilur yang menyerupai bekas luka. Atau ada juga yang ditadai dengan susah bernafas pada bayi atau hilang kesadaran hingga pingsan. Untuk itu, anda tentunya harus memperhatikan asupan makanan yang baik bagi bayi sehingga nantinya bayi anda tidak akan terkena reaksi alergi.