Tingkatkan Kualitasnya, Yuk Simak Penyebab Sperma Encer pada Pria

Air mani yang encer biasanya dialami oleh remaja yang baru saya mengalami masa pubertas, karena organ seksual belum berfungsi secara matang. Namun, kondisi ini menjadi sebuah masalah ketika dialami oleh pria dewasa. Keadaan air mani yang tidak kental dan berwarna jernih menyebabkan kekhawatiran, apalagi jika dialami dalam jangka waktu yang lama. Penyebab sperma encer pada pria dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti di bawah ini.

Penyebab Air Mani Menjadi Encer

1. Jumlah Sperma yang Terlalu Sedikit

Kekentalan pada air mani disebabkan karena jumlah sperma yang banyak dan melekat. Namun, kadar sperma yang berada jauh di bawah normal bisa menyebabkan kekentalannya menjadi berkurang. Normalnya jumlah sperma pada air mani yaitu sekitar 15 juta persel mililiter. Sedikitnya jumlah sperma ini disebut dengan ogliosperma. Penyebabnya bisa beragam seperti kekurangan zat besi atau kebiasaan hidup yang tidak sehat karena merook.

2. Terlalu Sering Melakukan Ejakulasi

Keseringan melakukan ejakulasi bisa menyebabkan air mani menjadi lebih encer. Hal ini karena sprema membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menglami kematangan di dalam testis. Umumnya waktu yang dibutuhkan sekitar 70 hari. Jika terlalus sering melakukan masturbasi atau ejakulasi, maka kondisi ini menyebabkan tubuh kesulitan memproduksi sperma, sehingga air mani yang dihasilkan menjadi lebih cair dan jernih.

Padahal normalnya, warna air mani harusnya putih susu dan kental. Maka dari itu, anda harus membatasi frekuensi ejakulasi. Untuk mengembalikan volume sperma yang normal, anda sebaiknya memberikan jarak waktu antara ejakulasi pertama dan selanjutnya, sekitar lima jam atau lebih dari itu.

Tingkatkan Kualitasnya, Yuk Simak Penyebab Sperma Encer pada Pria itu

3. Kurangnya Kadar Fruktosa

Penyebab sperma encer bisa saja karena kurangnya kadar fruktosa di dalam tubuh. Zat ini merupakan jenis karbohidrat tunggal yang dapat diperoleh makanan seperti buah-buahan. Kekurangan kadar fruktosa bisa disebabkan karena kebiasaan makan yang tidak tepat. Selain itu, olahraga yang terlalu keras juga bisa mejadi penyebab kurangnya fruktosa di dalam tubuh. Maka dari itu, anda perlu membatasi olahraga untuk mencegah hal tersebut.

4. Ejakuasi di Dalam

Selain faktor keseringan ejakulasi, sperma yang terlau encer juga dapat disebabkan karena faktor ejakulasi di dalam. Kondisi ini biasa disebut dengan retrogade ejaculation dan bisa memicu ketidak suburan. Gejala ini ditandai dengan ejakulasi terbalik, dimana sperma yang dikeluarkan menjadi sangat sedikit bahkan tidak ada sehingga menimbulkan kekhawatiran.

Hal ini tidak bisa diatasi dengan mudah. Biasanya masalah ini membutuhkan bantuan medis. Retrogade ejaculation bisa menyebabkan seseorang kesulitan mendapatkan anak. Jenis obat-obatan yang akan diberikan oleh dokter biasanya berupa imipramine atau pseudoephedrine untuk merangsang ejakulasi yang normal.

5. Penggunaan Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Selain karena faktor ejakulasi, sperma yang terlau encer juga dapat disebabkan karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat. Kondisi ini akan membuat testis tidak bisa menghasilkan sperma dengan baik karena suhu yang meningkat sehingga menghasilkan keringat pada area kemaluan menjadi lebih lembab. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih menggunakan celana dalam yang lebih longgar untuk menjaga kesehatan organ seksual.

Sperma yang terlalu encer bisa menyebabkan kesuburan menurun sehingga peluang memiliki anak menjadi rendah. Selain itu, produksi sperma yang normal bisa menjadi salah satu indikator kesehatan pada pria. Dengan mengetahui penyebab air mani yang encer, anda dapat menghindari hal tersebut sehingga sperma yang dihasilkan lebih kental. Pola hidup sehat juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingkat kekentalan sperma.