Sudah Tahu Perkembangan Bayi 5 Bulan ?

Pada saat bayi anda memasuki usia 5 bulan, bayi anda nantinya akan lebih dapat untuk mengekspresikan kemarahan dan cenderung lebih ekspresif. Pada perkembangan bayi 5 bulan ini, si kecil pun akan mulai dapat untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang dan memiliki sedikit rasa humor. Hal tersebut terlihat ketika orang tua bermain cilukba, maka bayi anda akan tertawa. Selain itu, masih ada banyak perkembangan lain yang bisa anda simak melalui ulasan berikut ini.

Mengintip Perkembangan Dari Bayi Saat Menginjak Usia 5 Bulan

1. Dapat Memegang Botol Susu Sendiri

Pada saat menginjak usia 5 bulan, bayi pun sedikit demi sedikit akan menunjukkan perkembangan yang berarti. Hal ini terlihat saat si kecil mulai dapat untuk memegang botol susunya sendiri. Tentu saja sebagai seornag ibu, anda bisa membiarkan bayi tersebut untuk memegang botolnya sendiri, tetapi jangan sampai anda meninggalkan bayi anda sendirian. Karena hal tersebut akan dapat membuat sang bayi menjadi tersedak.

Sudah Tahu Perkembangan Bayi 5 Bulan

Selain itu, ada lagi hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi 5 bulan ini. Ketika memegang botol sendiri, anda sebaiknya jangan sampai membiarkan si kecil terlelap sambil mengedot botolnya. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan susu yang terkumpul bisa memicu timbulnya kerusakan gigi pada bayi. Tak hanya itu, susu yang terkumpul juga bisa masuk ke saluran tuba yang menghubungkan tenggorokan dengan telinga tengah. Sehingga nantinya akan berakibat bayi mengalami infeksi telinga.

2. Mulai Menoleh Ke Sumber Suara

Ketika usia 4 bulan, maka si kecil pun mulai bisa untuk menoleh ke sumber suara. Hal ini bisa diakali oleh sang ibu untuk merangsang pendengaran pada bayi melalui memberikan mainan yang bisa berbunyi kepada si kecil. Rangsangan tersebut tentunya dapat menjadi sumber bahwa si kecil mulai merespon terhadap adanya suara di sekitarnya. Pada momen ini pun, si kecil juga akan mulai merespon akan panggilan jika seseorang memanggil namanya, maka bayi juga akan menoleh.

Perkembangan bayi 5 hulan ini akanmembuat ibu mulai sering untuk memanggil namanya. Hal ini dikarenakan bayi akanmulai menyadari ketika ibu mulai menyebut namanya saat bercerita dengan orang lain. Selain itu, anda juga bisa untuk mulai mengajak si kecil untuk berbicara secara langsung. Melaui cara ini tentunya bayi akan mulai belajar untuk berbahasa. Serta anda jangan lupa untuk mematikan radio dan televisi ketika mengajak bayi berbicara agar fokusnya tidak terpecah.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

3. Bayi Mulai Mengekspresikan Perasaannya

Perkembangan pada bayi saat usia ini semakin hari kan semakin terlihat. Hal ini dikarenakan si kecil mulai belajar untuk mengekspresikan perasaannya. Ia pun mulai bisa memberi tahu tentang suasana hatinya kepada ibu ketika ia sedang marah, bosan ataupun sedang gembira. Tentunya, ia juga bisa mulai memberi tahu ibu ketika ingin digendong yakni dengan cara mengangkat lengannya dan mulai menangis ketika ibu meninggalkannya.

Selain itu, bayi telah bisa tertawa saat ada orang yang menunjukkan wajah yang lucu. Tentu saja hal ini dikarenakan bayi telah mampu untuk mengekspresikan rasa gembiranya. Pada perkembangan bayi 5 bulan ini, kemampuan untuk menunjukkan ekspresi akan semakin bertambah. Oleh sebab itu, anda bisa untuk mengajak bayi untuk tetap berkomunikasi untuk melatih ekspresinya.

Pada usia ini bayi pun akan menjadi mudah lapar, sehingga ketika bayi telah menginjak usia 5,5 bulan maka ibu bisa mulai memperkenalkan mereka dengan buah-buahan seperti pisang yang dihaluskan. Namun anda hanya bisa memberikannya satu sendok saja, sebagai salah satucara untuk mengenalkan rasa kepada bayi. Akan tetapi anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikan makanan lain selain ASI kepada bayi.