Sudah Tahu Bahaya Merokok Dekat Anak ?

Asap rokok yang terpapar kepada perokok pasif lebih berbahaya daripada yang dihirup oleh perokok aktif. Hal itu pun berlaku juga bagi bayi dan anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki resiko yang tinggi seperti mengalami iritasi mata ataupun iritasi telinga ataupun kematian bayi mendadak. Selain itu, banyak lain bahaya merokok dekat anak yang perlu anda untuk ketahui. Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Beberapa Bahaya Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Rokok Kepada Anak

1. Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Perokok

Bagi anda yang sering merokok di dekat anak, maka anda bisa mulai dengan mengurangi untuk merokok di dekat anak kecil. Hal ini dikarenakan anak mungkin saja dapat mencontoh dan menyebabkan anak menjadi perokok saat telah beranjak dewasa. Tentu saja, hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih buruk bagi anak jika mereka mulai mengonsumsi rokok sejak muda. Untuk itu, anda bisa menghindari untuk merokok di depan anak.

Sudah Tahu Bahaya Merokok Dekat Anak

2. Memiliki Masalah Pernapasan Ketika Dewasa

Bahaya merokok dekat anak juga akan menimbulkan efek yang luar biasa ketika anak anda telah menjadi dewasa. Masalah umum yang biasa terjadi adalah anak yang sering terpapar asap rokok akan sering menderita batuk-batuk. Hal ini disebabkan karena anak lebih memiliki resiko untuk terserang asma. Serta, jika masih kecil bahaya buruknya tidak akan terllau terligat. Akan tetapi, jika anak telah menginjak dewasa maka nantinya akan memiliki masalah pada pernafasannya.

3. Menderita Infeksi Telinga

Selain itu, bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat merokok di dekat anak adalah anak dapat menderita infeksi telinga. Infeksi telinga ini tak hanya terjadi pada perokok aktif, akan tetapi anak kecil yang berada di sekitarnya juga dapat menderita infeksi telinga tersebut. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan orang tua yang berada di sekitar anak kecil tersebut merupakan perokok aktif sehingga udara di rumah dipenuhi dengan asap rokok.

4. Dapat Menghambat Pertumbuhan Paru-Paru

Terdapat banyak sekali bahaya merokok dekat anak yang bisa ditimbulkan akibat anda terlalu sering merokok di dekat anak. Salah satunya adalah dapat menghambat pertumbuhan paru-paru pada anak. Anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan seharusnya perlu dijaga kesehatannya agar tidak menghambat pertumbuhannya. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan paru-parunya.

Tahu Bahaya Merokok Dekat Anak

Jika anda terlalu sering merokok di dekat anak, maka tentu saja hal itu juga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan paru-paru. Hal tersebut disebabkan oleh zat-zat yang berbahay dari rokok tentunya akan mudah sekali untuk masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan anak. Untuk itu, jika anda ingin menggendong anak kecil, maka anda perlu mengganti baju agar kandungan berbahaya yang melekat pada pakaian tidak terhirup oleh anak.

5. Sindrom Kematian Mendadak Pada Bayi

Selain itu, bahaya merokok dekat anak yang paling krusial adalah dapat meningkatkan resiko terjadinya simdrom kematian mendadak pada bayi atau sering disebut dengan sudden death infant syndrome (SDIS). Sindrom ini biasanya terjadi pada bayi berusia di bawah 1 tahun. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh asap rokok yang dikhawatirkan dapat mengganggu jalan napas bayi.

Tidak hanya untuk anak saja, dampak bahaya merokok juga bisa dirasakan oleh perokok itu sendiri. Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lain yakni jantung, impoten serta paru-paru dan dapat menyebabkan munculnya kanker. Untuk anda yang ingin berhenti merokok, maka belum ada kata terlambat dikarenakan tentunya akan membuat hidup anda lebih baik kedepannya.