Selain Melancarkan Pencernaan, Yuk Kenali Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

Pasa saat momen kehamilan, tentu saja anda harus menjaga kesehatan agar si kecil nantinya akan lahir dengan sehat dan sempurna. Akan tetapibukan berarti anda harus berhenti beraktifitas, ibu yang sehat tentunya juga harus aktif bergerak. Kegiatan tersebut tidak perlu dengan melakukan hal-halyang berat, sehingga manfaat jalan pagi untuk ibu hamil dapat juga anda rasakan, baik bagi ibu atapun calon bayi. Berikut simak manfaatnya.

Apa Saja Manfaat Dari Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil ?

1. Dapat Membuat Bayi Lahir Dengan Sehat

Dengan berjalan kaki di pagi hari, tentu saja akan membuat anda dapat ikut mengendalikan pertambahan berat badan bayi selama masih dalam kandungan dari adanya terkena resiko obesitas pada bayi. Pada umumnya, bayi yang lahir dari ibu yang sering teratur dalam berjalan kaki akan cenderung memiliki indeks berat badan yang lebih ideal pada saat kelahiran bayi yakni 150 hingga 200 gram lebih ringan.

Selain Melancarkan Pencernaan Yuk Kenali Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

Manfaat jalan pagi untuk ibu hamil ini tentunya akan membuat bayi lahir dengan berat badan ideal. Meskipun pengurangan berat ini tidak memiliki dampak negatif pada bayi akan tetapi, bayi yang lahir pada tubuh yang ideal akan memiliki sensitivitas insulin yang lebih baik hingga mereka dewasa. Tentunya hal ini akan dapat melindungi anak dari resiko terkena diabetes di masa depan.

2. Dapat Mempermudah Proses Persalinan

Dengan berjalan kaki, juga akan membuat otot paha, betis hingga otot-otot pinggul menjadi lebih kuat. Hal ini tentunya akan dnagat baik bagi ibu hamil agar dapat mewujudkan persalinan yang lebih cepat dan mudah. Hal ini bertujuan agaranda nantinya tidak perlu menunggu lama untuk kontraksi ataupun tidak mengalami kesulitan saat mengejan atau ngeden dalam bahasa Jawa, ketika proses persalinan berlangsung.

3. Dapat Mencegah Stres

Ketika anda sedang hamil, maka nantinya akan banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil menjadi gampang stres. Hal itu dapat terjadi karena perubahan fisik ataupun masalah lain selama masa kehamilan. Untuk itu, salah satu manfaat jalan pagi untuk ibu hamil ini tentunya dapat bertujuan untuk memperbaiki suasana hati. Bagi anda yang rutin berjaln kaki pada masa kehamilan akan membantu meningkatkan hormon bahagia atau endorfin yang memuat suasana hati menjadi lebih baik.

4. Dapat Menurunkan Gejala Resiko Terkena Preeklampsia

Preeklampsia merupaka kondisi dimana tekanan darah menjadi tinggi semasa kehamilan, meskipun tidak memilki riwayat hipertensi. Penelitian menyebutkan bahwa sekitar 5-8% ibu hamil di dunia mengidap preeklampasia dan sekitar 10-15% ibu hamil meninggal pada saat melahirkan akibat dari preeklampsia.

Selain Melancarkan Pencernaan Yuk Kenali Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil ini

Untuk itu, salah satu manfaat jalan pagi untuk ibu hamil adalah agar dapat mencegah terjadinya preeklampsia. Dengan jalan kaki, tentunya akan membantu menjaga berat badan yang sehat dan ideal, sehingga akan mengurangi kolesterol dan dapat menyeimbangkan tingkat tekanan darah selam proses kehamilan. Tentunya dengan berjalan kaki akan mencegah dan memiliki berisiko lebih rendah untuk terjadinya persalinan prematur yang terjadi akibat preeklampsia.

Selain itu, berjalan kaki memiliki banyak manfaat lain untuk ibu hamil, seperti menurunkan resiko terkena diabetes gestasional yang merupakan masalah komplikasi yang terbilang banyak terjadi pada ibu hamil. Selain itu berjalan kaki di waktu pagi juga dapat memperlancar pencernaan dan dapat mengurangi mual dan muntah yang berlebihan saat hamil hingga diare dan sembelit. Untuk itu bagi anda yang sedang hamil, baiknya lebih sering untuk berjalan kaki.