Perlu Dipersiapkan, Yuk Simak Cara Mudah Menghitung Biaya Melahirkan

Bagi ibu yang sedang hamil, persalinan seringkali membutuhkan persiapan fisik, mental dan juga biaya. Apalagi sekarang biaya yang dibutuhkan untuk melakukan prsalinan tergolong cukup mahal. Agar mendapatkan pelayanan yang baik dan lebih memudahkan proses persalinan nantinya, maka biaya persalinan harus diperhitungan dengan baik dan tepat. Berikut ini cara mudah menghitung biaya melahirkan.

Tips Menghitung Biaya Persalinan dengan Mudah

1. Jenis Persalinan Menentukan Biaya

Tidak semua orang yang melahirkan membutuhkan biaya yang sama. Biasanya persalinan caesar membutuhkan biaya yang lebih banyak. Selain itu, masa pemulihan juga lebih cepat tanpa harus melakukan rawat inap yang lama. Untuk persalinan normal, umumnya waktu pemulihan hanya berkisar antara 4-6 jam. Menurut beberapa sumber, biaya persalinan normal berkisar antara Rp 10-25 juta.

Namun, perhitungan tersebut tentunya dipengaruhi oleh rumah sakit yang dipilih, fasilitas kamar, dan jasa pendamping yang digunakan. Biasanya untuk pendamping bidan, biaya persalinan yang dibutuhkan lebih murah. Sedangkan untuk persalinan caesar, biaya yang dibutuhkan bisa mencapai dua kali lipat dari proses keahiran secara normal. Selain itu proses pemulihan untuk persalinan caesar membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Memperhitungkan Dana Darurat

Dana darurat perlu dipersiapkan dengan pertimbangan kejadian seperti keadaan ibu hamil yang sakit, kelahiran bayi prematur atau kondisi bayi yang lahir sedang sakit. Setiap kondisi membutuhkan penganganan yang berbeda-beda, sehingga biaya yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Dana ini sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari yaitu semenjak masa kehamilan bulan pertama. Anda bisa menyimpannya dalam tabungan sebelum dana ini diperlukan.

Perlu Dipersiapkan, Yuk Simak Cara Mudah Menghitung Biaya Melahirkan ini

3. Menyiapkan Biaya Persalinan Jauh-Jauh Hari

Sebaiknya anda menyiapkan dana untuk biaya melahirkansetelah dinyatakan hamil. Dengan begitu anda memiliki waktu yang cukup lama, setidaknya 9 bulan untuk mengumpulkan biaya tersebut. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menyisihkan uang setiap bulan ketika ada sisa yang lebih banyak. Sebelum mempersiapkan biaya, carilah informasi mengenai biaya persalinan di beberapa rumah sakit.

Menanyakan secara detail akan lebih memudahkan anda untuk menghitung biaya persalinan. Carilah informasi mengenai biaya persalinan dengan menggunakan asuransi, apa saja fasilitas perawatan yang diperoleh dan bagaimana prosedur klaimnya. Dengan biaya persalinan yang sudah tersedia, anda akan lebih mudah mengambil keputusan saat proses kelahiran tanpa bingung memikirkan kondisi finansial.

4. Menghindari Pembelian Perlengkapan Bayi yang Terlalu Banyak

Masa-masa penantian kelahiran bayi seringkali mendorong pasangan untuk membeli keperluan bayi tanpa mempertimbangkan harga, apalagi moment untuk kelahiran bayi pertama. Tak jarang akhirnya semua barang dibeli tanpa memperhitungan perlu tidaknya barang tersebut. Membeli perlengkapan bayi yang terlalu banyak dapat menyebabkan pemborosan.

Belum tentu barang-barang yang telah anda beli akan dibutuhkan semua saat masa persalinan. Tahanlah untuk membeli perlengkapan bayi yang tidak terlalu dibutuhkan. Anda bisa membelinya setelah proses persalinan, belilah barang yang hanya diperlukan beberapa saja. Jika nantinya ada dana lebih setelah persalinan, anda bisa menggunakannya untuk membeli keperluan bayi.

5. Perlengkapan Untuk Ibu yang Melahirkan

Selain biaya persalinan dan perlengkapan bayi, anda juga perlu memperhitungan perlengkapan yang dibutuhkan saat persalinan. Setelah melahirkan, si ibu biasanya memerlukan perlengkapan khusus seperti gurita untuk melahirkan, pembalut khusus pasca melahirkan dan bra untuk menyusui. Biaya yang dibutuhkan untuk pembelian perlengkapan tergantung dari jumlah dan tempat dimana alat tersebut dibeli.

Proses persalinan memang membutuhkan persiapan yang matang. Biaya yang tidak diperhitungan dan disiapkan sejak awal bisa saja menghambat proses persalinan ketika terjadi hal-hal yang tak terduga. Maka dari itu, perlu bagi anda yang sedang hamil untuk mempersiapkan dana jauh jauh hari. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menyisihkan uang untuk biaya persalinan nantinya. Keselamatan ibu dan bayi saat persalinan menjadi hal yang harus diutamakan.