Mudah Dibuat, Yuk Intip Manfaat Oralit Bagi Tubuh

Anda mungkin sudah tidak asing dengan oralit. Obat satu ini biasanya digunakan untuk mengatasi diare. Memiliki kandungan natrium klorida, kalium klorida, natrium bikarbonat dan glukosa anhidrat, obat ini bisa membantu tubuh unntuk mengatasi masalah dehidrasi. Obat ini banyak ditemukan di apotek terdekat. Namun, larutan ini juga bisa dibuat dengan mencampurkan air dengan garam dan gula. Berikut ini manfaat oralit yang perlu diketahui.

Manfaat Larutan Oralit untuk Masalah Kesehatan

1. Mengobati Dehidrasi Akibat Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan dimana tubuh harus melakukan buang air besar berkali-kali. Selain itu, tekstur tinja yang cair bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Mungkin bagi orang dewasa, penyakit ini dianggap biasa. Namun, diare yang menyerang balita sangat berbahaya dan bisa beresiko pada kematian.

Penyebab penyakit diare sangat beragam. Mulai dari kelebihan vitamin C, konsumsi makanan yang pedas hingga infeksi bakteri dan virus. Lingkungan yang kotor sangat beresiko terkena penyakit diare. Hal ini karena usus yang terinfeksi oleh bakteri di lingkungan kotor. Sehingga tidak bisa menyerap air dengan baik dan tinja yang dihasilkan menjadi berair. Kondisi ini bisa memicu terjadinya dehidrasi sehingga membutuhkan oralit.

Mudah Dibuat, Yuk Intip Manfaat Oralit Bagi Tubuh

2. Olahraga yang Terlalu Berat

Melakukan aktivitas olahraga yang cukup berat bisa menyebabkan energi dalam tubuh menjadi berkurang. Tidak hanya itu, tubuh juga mengeluarkan keringat yang banyak. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Jika tidak segera ditangani, tubuh bisa pingsan dan kekurangan energi. Manfaat oralit dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi akibat aktivitas olahraga yang terlalu berat.

3. Hiperemesis Gravidarum

Gejala ini biasanya dialami oleh ibu hamil, dimana ia mengalami muntah-muntah yang berlebihan. Kondisi ini yang secara terus menerus bisa menyebabkan tubuh harus mengeluarkan asupan dengan cairan yang cukup banyak sehingga menyebabkan dehidrasi. Dengan mengkonsumsi oralit, tubuh akan menerima cairan pengganti sehingga kebutuhan cairan yang hilang bisa tercukupi. Selain itu, anda juga perlu mengimbangi dengan makanan yang sehat.

4. Dehidrasi Akibat Cuaca yang Sangat Panas

Musim panas menyebabkan seseorang mudah merasakan haus dan mengeluarkan banyak keringan. Hal ini tentu saja menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Bahkan dehidrasi yang parah bisa menyebabkan kematian. Kondisi tubuh yang terkena dehidrasi harus memperoleh cairan yang cukup. Hal ini dapat diatasi dengan minum obat oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang tersebut.

Mudah Dibuat, Yuk Intip Manfaat Oralit Bagi Tubuh ini

5. Mengobati Malnutrisi

Malnutrisi merupakan kondisi tubuh yang tidak memperoleh asupan gizi yang cukup untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Sebenarnya oralit kurang tepat digunakan sebagai obat untuk mengatasi malnutrisi. Hal ini karena kandungan sodium yang terdapat pada oralit lebih banyak dibandingkan kandungan potasium. Namun masalah ini kemudian diatasi oleh UNICEF dengan mengembangkan obat oralit yang berupa ReSoMal.

ReSoMal merupakan akronim dari Rehydration Solution for Malnutrition. Obat oralit ini memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi dibandingkan kandungan sodium. Dengan demikian, ResoMal menjadi oralit yang cocok untuk mengatasi masalah malnutrisi. Namun bagi penderita malnutrisi yang memiliki masalah diare, minum oralit biasa dengan kandungan sodium yang lebih tinggi bisa digunakan sebagai obat.

Oralit memang obat yang khusus digunakan untuk mengatasi masalah dehidrasi pada tubuh. Gejala dehidrasi dapat ditandai dengan warna urine yang berubah menjadi kuning gelap. Selain mengkonsumsi oralit untuk mengatasi dehidrasi, anda juga membutuhkan asupan gizi yang lain seperti makanan dengan gizi yang cukup. Penggunaan antibiotik juga diperlukan untukmencegah diare yang dapat menyebabkan kekurangan cairan.