Inilah Tips Memakai Kawat Lepasan untuk Mengatasi Gigi Tumbuh Miring

Gigi yang tumbuh miring bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti memperburuk penampilan, menyulitkan saat mengunyah makanan, hingga menyebabkan cedera pada gusi akibat terdorong oleh gigi tersebut. Penangan untuk gigi yang miring memang tidak mudah. Bahkan bisa dibilang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Selain menggunakan gawat gigi, anda juga bisa memakai kawat lepasan untuk mengatasi gigi tumbuh miring.

Tips Menggunakan Kawat Lepasan Untuk Meratakan Gigi

1. Mendatangi dokter Gigi yang Tepat

Pemakaian kawat lepasan harus dengan bantuan dokter yang ahli. Setiap pasien pastinya memiliki bentuk dan gigi yan berbeda-beda sehingga membutuhkan model kawat lepasan yang berbeda pula. Maka dari itu, sebelum dipasang kawat lepasan harus dirancang terlebih dahulu. Datangi dokter terdekat yang cocok dengan anda, kemudian mintalah merancang kawat lepasan. Setelah itu, dokter akan membuat cetakan untuk merancang kawat lepasan.

Inilah Tips Memakai Kawat Lepasan untuk Mengatasi Gigi Tumbuh Miring ini

2. Melakukan Penyesuaian Dengan Kawat Lepasan

Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, karena akanmerubah cara bicara anda hingga cara mengunyah makanan. Selain itu, lidah anda akan memproduksi air liur yang lebih banyak setelah anda melakukan pemasangan kawat lepasan. Anda dapat melatih membaca dengan keras setiap hari, saat sedang sendiri untuk memperlancar proses berbicara. Ketika anda merasa kesakitan akibat memakainya maka segera konsultasi dengan dokter.

3. Melepaskan Kawat Saat Makan dan Menggosok Gigi

Ketika anda makan, pemakaian kawat gigi bisa menyebabkan kesulitan saat mengunyah dan menelan. Saat membersihkan gigi, kawat tersebut juga bisa menghalangi sehingga gigi tumbuh miring tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Sebaiknya anda melepaskan kawat lepasan sebelum makan dan menggosok gigi. Anda juga perlu melakukannya ketika berolahraga fisik untuk menghindari cedera pada bagian yang terpasang kawat lepasan.

4. Menyimpan di Tempat yang Tepat

Ketika anda sedang melepasnya, sebaiknya simpan kawat lepasan pada kotaknya. Baik saat anda tidur, sebelum makan maupun saat gosok gigi. Jika anda menyimpannya dalam waktu yang cukup lama, dokter akan memberikan saran untuk memberikan tindakan yang tepat. Bisa jadi anda akan diminta untuk menjaga kelembapannya agar tidak mudah retak. Kondisi suhu udara yang panas juga bisa menjadi penyebab kawat lepasan retak dalam waktu dekat.

5. Rutin Membersihkan Kawat Lepasan

Agar lebih tahan lama dan aman jika dipakai, maka anda harus rutin membersihkan kawat lepasan dari kotaran seperti sisa-sisa makanan yang menempel. Biasanya pembuatan kawat lepasan dilengkapi dengan petunjuk cara merawat dan membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kawat lepasan dari kotoran yang menempel. Lakukan setiap hari agar kawat lepasan bersih dan aman dipakai dan tidak menimbulkan masalah.

Inilah Tips Memakai Kawat Lepasan untuk Mengatasi Gigi Tumbuh Miring itu

6. Menggunakan Dalam Waktu yang Lama

Jangan terlalu sering melepaskannya agar gigi anda bisa lebih cepat rata. Kondisi gigi yang miring lebih parah, tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemakaian kawat lepasan. Biasanya dokter akan merekomendasikan anda untuk memakainya sesuai dengan perkiraan gigi yang miring bisa menjadi lebih rata. Gunakan selama dokter menyarankan. Bisa saja anda harus memakai selama bertahun-agar hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan kawat lepasan atau retainer merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah gigi miring. Penggunaan kawat lepasan lebih mudah dibandingkan perawatan gigi yang lain, karena anda bisa melepaskannya sewaktu-waktu tanpa bantuan dokter. Selain itu, harga untuk pembuatan kawat lepasan juga tidak semahal kawat gigi atau veneer. Namun, selama pemakaian jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dari kotoran agar aman dipakai.