Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kelainan Saraf?

Saraf merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia. Pada semua tubuh manusia terdapat saraf yang memiliki fungsi dan tugasnya sendiri. Saraf jauh berada didalam jaringan sel tubuh manusia dan ukurannya sangat kecil namun tersusun dengan banyak sel dan atom yang membuatnya menjadi salah satu alat gerak aktif sama halnya dengan otot.

Meskipun saraf berada jauh didalam tubuh, saraf juga bisa mengalami sakit dan terkena gangguan juga apabila kita tidak hati-hati dalam menjaga tubuh kita. Saraf yang mengalami gangguan disebut dengan gangguan saraf atau neuropati. Tingkat gangguan pada saraf juga akan berbeda dan hendaknya segera dilakukan penanganan medis jika muncul tanda-tanda akibat gangguan saraf tersebut. Seperti yang sudah disebutkan bahwa seluruh tubuh manusia terdiri dari saraf, namun saraf pada manusia terbagi dalam tiga jenis, yaitu saraf motorik, saraf sensorik, dan saraf otonom.

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kelainan Saraf itu

Saraf motorik merupakan saraf yang berfungsi sebagai saraf gerak. Saraf ini mengirimkan sinyal dari otak menuju sumsum tulang belakang dan semua jaringan otot pada tubuh untuk bisa melakukan gerakan dan beragam aktifitas. Sedangkan saraf sensorik merupakan saraf yang berfungsi sebagai sistem perabaan. Saraf sensorik mengirimkan sinyal dari otak menuju kulit dan juga jaringan otot yang berada dibawah kulit untuk mengaktifkan indra peraba agar bisa merespon impuls dari luar. Saraf terakhir yang berada di dalam tubuh manusia adalah saraf otonom. Saraf otonon merupakan saraf yang mengendalikan fungsi gerak tubuh yang tidak atau setengah disadari. Sebagai contoh, saraf tersebut mengontrol detak jantung, tekanan darah, bahkan gerakan usus saat mencerna makanan. Dewasa ini anda akan bisa menemukan banyak sekali bacaan atau pengetahuan mengenai saraf pada internet atau pada media cetak. Banyak juga situs atau website yang memberikan penjelasan mengenai saraf, seperti web neurobion yang memberikan bacaan mengenai saraf dan juga pengobatan menggunakan neurobion. Neurobion merupakan suplemen yang mengandung vitamin B kompleks dan dapat digunakan untuk mengatasi gangguan saraf.

Gangguan pada saraf dapat terjadi karena banyak hal. Gangguan saraf bisa terjadi karena bawaan dari lahir, akibat kecelakaan, juga bisa karena suatu penyakit seperti diabetes. Gangguan pada saraf tentunya akan menggangu keseharian bahkan bisa berkibat buruk jika tidak ditangani dengan benar. Salah satu gangguan saraf adalah Neuritis. Neuritis merupakan kelainan pada saraf yang disebabkan karena adanya tekanan, pukulan, keracunan, patah tulang, hingga kekurangan asupan vitamin B dalam jumlah yang tinggi. Kelainan tersebut dapat menyebabkan kesemutan para pada penderitanya dan harus ditangani oleh pihak medis ahli. Selain neuritis, gangguan saraf lainnya yang juga berbahaya adalah Parkinson. Parkinson tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia, namun juga bisa menyerang orang dewasa bahkan yang memiliki usia produktif. Saat ini banyak website dan situs yang menyajikan bacaan mengenai gangguan saraf dan juga mengenai Parkinson. Salah satunya adalah yang memberikan banyak informasi mengenai gangguan atau kelainan saraf pada manusia.

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kelainan Saraf ini

Parkinson merupakan kelainan saraf yang disebabkan karena kekurangan neurotransmitter dopamine dasar ganglion. Penderita Parkinson umumnya sering mengalami gemetaran pada tangan pada saat beraktifitas bahkan pada saat beristirahat juga. Selain itu jugaterkadang mengalami kesusahan gerak dan otot kaku yang bisa menyebabkan mata susah untuk berkedip. Pada kasus yang parah, Parkinson juga bisa melumpuhkan saraf motorik yang digunakan untuk bergerak.