Agar Nutrisi Tepat, Yuk Simak Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi

Bayi membutuhkan asupan gizi yang tepat karena sedang pada masa pertumbuhan. Namun, ketika bayi masih berumur 6 bulan mereka belum memiliki gigi untuk mengunyah makanan. Sehingga membutuhkan tekstur makanan yang lembut dan lembek, dan bisa dengan mudah masuk ke dalam mulut. Sebagai orang tua, tentunya anda harus memilih makanan yang tepat agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Berikut ini makanan bayi belum tumbuh gigi yang menyehatkan.

Makanan untuk Bayi yang Belum Gigi

1. Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang memiliki banyak kandungan serat, sehingga sangat tepat untuk memperlancar proses pencernaan sang buah hati. Selain itu, buah ini memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan anak. Memiliki tekstur yang lembut dan mudah dihancurkan, pisang menjadi salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk bayi yang belum tumbuh gigi. Anda dapat menjadikan pisang sebagai makanan bayi dengan cara menghaluskannya dan menaruhnya di mangkuk kecil.

Agar Nutrisi Tepat, Yuk Simak Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi

2. Alpukat

Alpukat memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga mudah dimakan oleh bayi. Buah ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk pertumbuhan bayi, salah satunya adalah lemak tak jenuh. Selain itu, buah ini juga cukup mengenyangkan sehingga bisa mengatasi rasa lapar yang bisa membuat bayi mudah rewel. Alpukat dapat diberikan pada bayi yang belum memiliki gigi dengan cara melumatkannya sampai halus, sehingga mudah ditelan.

3. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini bisa dijadikan makanan bayi belum tumbuh gigi, karena memiliki zat karoten dan vitamin C yang dapat membantu mencegah kanker. Brokoli dipercaya dapat menjaga kesehatan bayi dan mencegahnya dari mengalami sembelit. Sayuran brokoli bisa disajikan dengan mencampurkan pada bubur bayi. Jangan lupa untuk memotongnya hingga kecil-kecil dan memasaknya sampai benar-benar matang agar mudah ditelan oleh bayi anda.

4. Tomat

Buah yang satu ini sangat baik untuk buah hati anda karena dapat mencegah tumbuhnya kanker dan kaya akan vitamin. Tomat memiliki kandungan licopene serta pottasium yang berguna dalam memudahkan sirkulasi darah bayi anda. Selain itu, kandungan beta karoten yangterdapat pada tomat bisa membantu meningkatkan kesehatan matanya. Anda dapat menjadikan buah tomat sebagai tambahan makanan saat anda menyuapinya untuk makan.

5. Telur

Makanan yang satu ini memang memiliki manfaat yang cukup banyak. Berbagai kandungan yang dimiliki telur, mulai dari protein, lemak, vitamin hingga seng, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan bayi anda. Selain itu, anda juga dapat memasak telur menjadi berbagai olahan, tidak hanya direbus saja. Namun, jika bayi anda mengalami alergi pada telur, sebaiknya anda membatasi konsumsi telur khususnya bagian putihnya agar tidak semakin parah.

Agar Nutrisi Tepat, Yuk Simak Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi ini

6. Keju

Merupakan salah satu produk olahan susu, keju sangat baik dikonsumsi oleh bayi yang belum memiliki gigi. Teksturnya yang lembut dan lunak sehingga membuatnya mudah untuk dicerna dan ditelan. Keju memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi anda. Mulai dari kalsium, protein hingga tinggi kalori sehingga bisa mengenyangkan. Kalsium yang tinggi pada keju, dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada sang buah hati.

Pemberian makanan yang tepat untuk bayi, akan membantu proses pertumbuhannya dengan baik. Selain itu, makanan tersebut juga dapat menjaga kesehatan bayi seperti memperlancar pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Anda dapat menjadikan makanan tersebut sebagai campuran pada bubur untuk mendapatkan manfaatnya dengan baik. Namun jangan terlalu berlebihan untuk mencegahnya dari obesitas.